Visi dan Misi RSJD Sungai Bangkong Prov. Kalbar

1. Visi

Visi merupakan suatu cita-cita lembaga yang akan dicapai. Memuat tentang gambaran ideal situasi dan kondisi masa depan yang hendak diraih. Visi adalah jiwa organisasi, yang menjadikannya fokus dalam menatap dan melangkah ke depan.

Penetapan visi bagi Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat sangat dibutuhkan untuk membangun pondasi yang kuat tentang apa yang sebenarnya diinginkan dan hendak dicapai dikemudian hari. Selain itu juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan dalam satu visi dan misi organisasi.

Adapun visi Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat adalah:

“Menjadi Rumah Sakit Pusat Rujukan Kesehatan Mental
di Provinsi Kalimantan Barat”.

  • Visi tersebut merupakan suatu kondisi yang hendak diraih bagi Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat sebagai Rumah Sakit Kesehatan Mental yang memiliki unggulan pelayanan gangguan jiwa akut, pelayanan anak berkebutuhan khusus, penanganan penyalahgunaan NAPZA dan pelayanan HIV AIDS; 
  • Rumah Sakit Pusat Rujukan Kesehatan Mental.
    Bagi Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat, menjadi Rumah Sakit Pusat Rujukan Kesehatan Mental maksudnya secara penamaan Rumah Sakit Jiwa tertera pada nomenklaturnya sebagaimana yang dikehendaki oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, kemudian memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan profesional kepada penderita gangguan jiwa baik pada kasus gangguan jiwa anak, remaja, dewasa dan lanjut usia, dengan layanan unggulan anak dengan kebutuhan khusus, penyalahgunaan NAPZA dan pelayanan HIV AIDS;
  • Di Provinsi Kalimantan Barat, yakni wilayah administratif Provinsi Kalimantan Barat yang saat ini meliputi 14 Kabupaten/Kota. Dengan mutu dan keunggulan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat, maka dengan sendirinya menjadi rujukan bagi pelanggan baik ditingkat provinsi maupun nasional.

2. Misi

Misi adalah tugas dan tanggungjawab yang harus dijalankan untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan. Jadi tanpa misi yang tepat, visi selamanya hanya akan menjadi cita-cita dan impian belaka. Oleh karenanya pernyataan misi dan mengupayakannya sangat penting untuk tercapainya sebuah visi.

Misi yang ditetapkan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat adalah:

Misi I : Memberikan Pelayanan Kesehatan Jiwa yang Holistik, Profesional dan bermutu serta terjangkau oleh masyarakat.

Penetapan misi yang pertama ini, menunjukkan pelayanan kesehatan jiwa yang lengkap, bermutu dan berorientasi pada aspek kepuasan pelangan. Holistik, maksudnya pelayanan jiwa dengan memperhatikan konsep dasar kebutuhan manusia seutuhnya yang melingkupi aspek biologis, psikologis, sosial budaya dan spiritual. Profesional, merujuk pada pelayanan yang diberikan oleh tenaga yang berkompentensi di bidangnya dan memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP). Bermutu berarti memberikan pelayanan yang memuaskan, dinilai dari Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai pelanggan dan Survey Kepuasan Pegawai (SKP), Terjangkau maksudnya sejalan dengan ketentuan retribusi yang telah ditetapkan oleh Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Mengingat ranah kesehatan jiwa yang luas, maka pada misi ini juga terangkum pengembangan pelayanan Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalimantan Barat, yakni : Pelayanan kesehatan gangguan jiwa akut, pelayanan anak berkebutuhan khusus; penanganan penyalahgunaan NAPZA; dan pelayanan HIV AIDS.

Misi II : Menciptakan manajemen administrasi yang akuntabel dan transparan dengan di dukung Sumber Daya Manusia yang profesional serta sarana dan prasarana yang optimal.

Misi ini ditetapkan untuk mewujudkan penyelenggaraan tata kerja sistem manajemen dan keadministrasian yang cepat, berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karenanya pada redaksi Misi II diatas tercantum kata akuntabel dan transparan. Dengan akuntabel dan transparan maka ia akan menjadi berkualitas, cepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Misi III : Meningkatkan promotif, preventif serta penjangkauan pelayanan kepada masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan mental masyarakat.

Misi ini ditetapkan sebagai peran rumah sakit dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa kesehatan jiwa merupakan kondisi multifaktor yang bermuara pada dinamika yang terjadi pada masyarakat. Upaya ini untuk memelihara dan memepertahankan kepulihan pasien dan melindungi kesehatan jiwa bagi masyarakat.